Custom Search

Presiden Jokowi tiba di Dayah MUDI


Presiden RI Joko Widodo datang ke Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga untuk meninjau dampak yang ditimbulkan oleh gempa pada hari Rabu (07/12/2016) kemarin saat berkunjung ke Aceh pada hari Jum'at (09/12/2016) 
 
Selumnya telah melakukan lawatan ke wilayah pusat gempat di Pidie Jaya, Bapak Presiden tiba di Dayah
MUDI menjelang shalat Jum'at pada pukul 12.30 WIB. Dalam waktu yang singkat selama lebih kurang 10 menit, Presiden Jokowi menyempatkan untuk meninjau keadaan Mesjid Poe Teumeureuhom yang kubah nya roboh pada gempa Rabu kemarin serta gedung kampus utama Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Aziziyah.
 
Presiden Jokowi berkunjung ke Mudi Mesra Samalanga
 















Gedung STAI sebelum Gempa

Gedung STAI setelah Gempa




Kubah Mesjid Raya yang Runtuh

Santri Mudi Mesra yang Panik sesaat setelah Gempa terjadi

Berbicara di depan wartawan dengan didampingi oleh Abu Mudi serta Wadir II, Aba Sayed, Presiden Jokowi berjanji akan menanggulangi kerusakan yang diakibatkan gempa ini hingga selesai.

"Mulai besok akan segera dibersihkan dan (renovasi) akan dikerjakan oleh pemerintah," ujar Presiden Joko Widodo kepada wartawan.

 

"Ini sudah kita lihat dan gedung Sekolah Tinggi Al-Aziziyah ini mulai besok akan segera dibersihkan dan akan dikerjakan oleh pemerintah. Setelah bersih langsung dibangun kembali," ucap Presiden Jokowi.
Pengerjaan pembangunan kembali gedung tersebut rencananya akan ditangani oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Sementara untuk proses pembersihan puing reruntuhan sendiri akan ditangani TNI.
"Jangan sampai pendidikan ini berhenti. Harus tetap berjalan. Insya Allah besok sudah dikerjakan dari TNI pembersihannya. Setelah itu langsung dimulai PU (Kementerian Pekerjaan Umum)," kata Jokowi.

Sekolah tersebut terlihat rusak di bagian lantai paling dasar, sehingga bangunan di atasnya terlihat miring.
Bahkan, di sekitar sekolah tersebut dipasangi garis polisi atau Police Line mengingat kemiringan bangunan yang bisa membahayakan.

Usai memantau bangunan yang rusak tersebut dari dekat, Presiden Jokowi meminta agar bangunan tersebut secepatnya direnovasi.

Total jumlah korban luka-luka akibat bencana gempa bumi di Dayah MUDI mencapai 110 orang yang terdiri dari santri dan juga dewan guru dengan 6 di antaranya mengalami luka berat.
Tidak ada korban jiwa yang ditimbulkan akibat gempa tersebut. 

Pada Rabu pagi (07/12/2016) gempa bumi berkekuatan 6,4 SR melanda wilayah Pidie Jaya yang ikut terasa hingga ke wilayah sekitar termasuk Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga.

Akibat gempa ini, Dayah MUDI mengalami musibah di mana kubah masjid yang sedang dalam tahap konstruksi roboh. Selain itu, gedung utama kampus IAI Al-Aziziyah yang terletak di depan Dayah MUDI juga ikut amblas.

Selain kedua bangunan tersebut, Alhamdulillah tidak ada kemalangan lain yang menimpa Dayah MUDI. Hingga saat ini juga dilaporkan bahwa belum ada informasi mengenai adanya korban jiwa hanya para santri yang mengalami luka-luka berat dan ringan telah segera ditanggulangi oleh pihak Humas.

0 Response to "Presiden Jokowi tiba di Dayah MUDI"

")[0]); //]]>