Custom Search

Tips dan Trik Biar Warnet Rame Pengunjung



Tips Jitu Bikin Warnet  Selalu Ramai Pengunjung.

Sekarang Jamannya Internetan, siapa yang gak tau internet … .mulai dari anak TK sampek kakek doyan yang namanya internet, mulai dari orang gunung sampek orang laut sudah main internet, kondisi ini membuat sebagian orang yang jeli memanfaatkan kesempatan untuk meraih keuntungan dari sini. Itulah yang namanya orang kreatif. 

Tips Jitu Bikin Warnet  biar Rame Pengunjung

Tips  Bikin Warnet  Selalu Rame Pengunjung

Tidak hanya sekedar jadi penonton tapi jadilah pemain, itulah peluang bagi kita memanfaatkan situasi yang positif, peluang bagi saya untuk buka Warnet ( Warung Internet )

Langsung aja Gan, berikut ini saya akan bagi beberapa tips yang wajib diketahui bagi calon wirausahawan yang ingin membuka warnet seperti saya, tapi sebelumnya sobat harus punya dulu yang namanya MOTIFASI.
MOTIFASI adalah bagai bahan bakar sebuah kendaraan, jika bahan bakar itu telah habis maka kendaraan itu akan ngadat, begitu juga MOTIFASI jika kita punya motifasi yang kuat maka keinginan kita untuk membuka warnet akan makin kuat pula.

Nah ini dia yang jadi pertanyaan gimana caranya motifasi itu bisa muncul dalam diri kita? Jawabanya gampang Gan, perbanyak baca buku tentang wirausaha, tentang motifasi, dll. Ini sangat penting, selain menambah motifasi juga menambah pengetahuan.

Jangan malu konsultasi sama yang lebih berpengalaman, dan yang terakhir ciptakan dalam pikiran kita CITA-CITA yang Tinggi, contoh. Bayangkan jika warnet anda sudah sangat banyak dikunjungi orang, dan sangat ramai sekali. Sampai-sampai banyak yang ngantri…

Panjang banget Mukaddimahnya, kapan mau bahas …!!! Hehehe… sabar Gan… 
Berikut ini adalah tips dan trik biar warnet Agan laris manis dan terus dikunjungi pelanggan.



1. Plihlah lokasi yang strategis

a. Dekat dengan sekolahan, kampus, perkantoran atau padat penduduk.
Inilah lahan subur bagi pemilik warnet, terbukti sekali, disatu kawasan didaerah Aceh tempat PELANGINETPONSEL dan WARNET PELANGI BEUREUNUEN berdiri tidak jauh dari area padat penduduk, pas berhadapan dengan SPBU, jalan Lintas Banda Aceh – Medan Kawasan Kota Beureunuen, padahal 1 kota kecil itu sudah ada sekitar 6 warnet.

Wow… bayangkan saja gimana ketatnya persaingan seperti itu. Tapi karena lokasi yang saya bilang tadi sangat subur mau tidak mau semua rame. Karena siswa / mahasiswa tidak sekedar ingin membuka FB ( Facebook ), Twiter, atau Jejaring sosial lainnya,  tapi internet merupakan kebutuhan mereka untuk kebutuhan sekolah / kuliah, bahkan gak enak badan klo belum sempat main Game Kegemaran mereka masing-masing seperti POINTBLANK, DRAGONEST, dll.

b. Perbesar tempat parkir.
Gimana orang mau ngenet klo tempat parkirnya sempit banget. Apalagi mepet ama jalan. Pasti kekhawatiran menghantui pelanggan, takut akan kehilangan kendaraan saat asik main game atau ngenet.

c. Dekat dengan Kedai Makanan / Minuman.
Carilah Kedai atau ruko yang bersebelahan dengan rumah makan atau Warkop, gak usah ragu lagi gan, warnet agan bakal rame, karena ngenet itu gak cukup waktu 1 jam, pasti lama deh mainnya, pasti dong kehausan dan kelaparan pelanggan kita gan.

2. Desain

Desain lumayan berpengaruh , agan bisa nyari desain tergantung situasi, kalo misalnya agan buat warnet deket kampus atau SMA coba deh usahakan desain warnet kamu segaul mungkin, tapi jangan berelebihan sampe terkesan norak, yang sederhana aja.. yang penting anak muda bisa tertarik. Agan bisa memadukan warna - warna seperti hijau, hitam, biru tua, merah dan ungu. Atau tergantung selera agan, yang penting enak aja dilihat, asal jangan PINK aja, entar warnet sobat terkesan feminim, takutnya cowok rada tengsin, kalo warna warnet agan warna pink, hehehe….

Desain juga harus sesuai dengan tema warnet yang sobat bikin, misalnya tema warnet sobat tentang natural. Birarti warna ijo, putih, hitam, coklat bisa jadi alternative, Kabin warna ijo, sobat bisa kasih pinggir2nya warna putih atau hitam, terus alas nya cari karpet warna coklat, atau tergantung selera sobat deh..yang penting jangan lepas dari tema awal
Misal Nama Warnet saya “ Pelanginet Ponsel ” , so pasti saya cat dengan warna sesuai warna PELANGI, saya padukan Mejikuhibiniu ( Merah, Jingga, Kuning, Hijau, Biru, Nila, dan Ungu )

3. Selalu Jaga Kebersihan

Kebersihan ini penting banget , jangan sampai lalai dengan hal yang satu ini. Klo sampai sering banget warnet sobat kotor, walhasil warnet sobat bakal di cap jadi warnet Terjorok dikota sobat, Kan ironis bgt tuh.. tp mentang2 jaga kebersihan jangan larang orang mau merokok, sediain aja mereka asbak setiap PC, usahakan setelah orang keluar dari Room (kotak tempat ngenet) sobat bisa cek deh sp tau ada sampah atau bekas putung rokok, atau malah Minuman bertumpahan, kan malu kalo ada orang laen yang mau masuk nemuin sampah berserakan di warnet Agan.

4. Jangan beri pelangan kebebasan

Misalnya pelanggan bebas ciuman, cipokan atau lebih, jika sobat menemukan hal-hal semacam itu… beri aja mereka peringatan, entar kalo di biarin takutnya warnet sobat di cap sebagai WARNET MESUM.. hihii gak banget geto loh….

5. Sering kasih diskon buat Pelanggan

Bingung juga sih klo pas anak buah kita yang jaga OPERATOR mau kasih discount buat pelanggan… tapi sobat bias kasih diskon disaat sobat sendiri yang jaga Operator, ini terbukti efektif untuk meningkatkan jumlah pelanggan.
Contoh pelanggan sobat yang udah sering sobat kasih diskon akan mengajak temen mereka untuk ngenet di tempat sobat karena tawaran dapat diskon.

6. Sediakan Kulkas.

Pelanggan akan lebih senang kalo warnet itu menyediakan minuman dingin, mereka gak perlu lg kewarung beli minuman, tp harus jeli ngawasin orang yang ngambil minuman, biasanya para pelanggan ketika membayar bareng dengan minuman yang mereka beli, biasanya pemilik warnet saking percayanya nyuruh pelanggan nyebutin minuman apa aja yng di ambil, mereka kan bisa ngasal kalo sobat gak jeli, ntar bukannya untung malah buntung, alagkah baiknya buat Catatan atau Bayar langsung kalo ambil minuman.

7. Fasilitas

Lengkapin fasilitas seperti Kipas Angin atau AC, Handfree atau Speaker, Webcam jika ada yang perlu, pokoknya selengkap mungkin.. jangan ada yang cacat.
Fasilitas Pendukung juga sangat efektiktif, seperti Printer, Scanner, tujuannya untuk ngeprint tugas sekolah atau kuliah pelanggan warnet kita, bila perlu terima jasa pengetikan dan pembuatan makalah, prota , promes dll.

9. Komunikatif dengan Pelanggan

Agar pelanggan betah ngenet ditempat sobat. Sering-sering lah ajak komunikasi, topiknya terserah sobat yang penting nyambung dan ada KOMUNIKASI. Bisa dilakukan ketika pas mereka bayar atau pas mereka datang, jangan sekali-kali ngajak ngobrol ketika mereka sedang asik online. Kita sok baik malah mengganggu. Keramahan  AGAN juga jadi nilai plus, jangan cemberut terus ntar pelanggan takut, dikira hantu lagi jaga OPERATOR. Hahaha…

10. Meningkatkan Performa Warnet

Ini adalah faktor utama kesuksesan warnet. Trik yang selama ini saya pakai dan saya ajarkan kepada operator saya adalah:

a. Senyum
Menjawab pertanyaan pelanggan dengan jawaban yang baik, hal ini akan menambah kenyamanan pelanggan.

Bertanya kepada pelanggan jika mereka terlalu cepat selesai, misalkan pelanggan memakai komputer hanya dalam waktu 10 menit, biasanya disebabkan karena pelanggan segan untuk bertanya tentang permasalahannya. 

Jadi, operator berinisiatif untuk menanyakan permasalahannya, walaupun sebenarnya hal ini bisa disebabkan oleh karena mereka hanya menggunakan komputer seperlunya saja, misalkan, menulis EMAIL, mencari data yang memang cepat ditemukan dan kebutuhan cepat lainnya.

Jika pelanggan tampak bingung dan suka berpindah-pindah komputer. Hal ini juga biasanya disebabkan karena adanya suatu masalah disalah satu komputer atau dikarenakan ada suatu hal yang mereka tidak bisa dan segan untuk bertanya. Operator harus juga cepat tanggap jika terjadi hal yang demikian, dengan berinisiatif untuk bertanya tentang permasalahannya.

Melakukan pengecekan komputer setiap pelanggan selesai menggunakan. Saya membuat checklist untuk operator apa yang harus dilakukan jika komputer selesai digunakan, misalkan :

- Cek apakah ada barang pelanggan yang ketinggalan, kadang pelanggan teledor dengan barangnya, misalkan flashdisk, hp, kunci kendaraan, dompet dan lain sebagianya.
- Cek isi CD-ROM, floppy, mouse, keyboard, kondisi cpu dll, untuk menghindari jika terjadi pencurian.
- MATIKAN Komputer untuk mengembalikan ke kondisi semula (karena saya menggunakan Deep Freeze  - Bersihkan komputer jika ada kotoran, terutama monitor, meja dan keyboard.
 

b. Teknisi Ahli
Untuk pekerjaan teknis yang dilakukan oleh teknisi, trik yang selama ini saya pakai adalah :
Lakukan maintenance minimal seminggu sekali untuk melakukan pengecekan kondisi komputer agar selalu prima. Karena di ubuntu belum ada virus, maka pekerjaan ini agak longgar buat teknisi.





Besok kita sambung Ya sobat dan Agan2 semua....

0 Response to "Tips dan Trik Biar Warnet Rame Pengunjung"

")[0]); //]]>