Custom Search

Asuransi Syariah Terbaik Di Indonesia

ASURANSI SYARIAH TERBAIK DI INDONESIA

ASURANSI SYARIAH TERBAIK

Sebelum kita bahas ke permasalahan Pokok, alangkah baiknya kita ketahui dulu apa itu definisi Asuransi Syariah ? Berdasarkan Dewan Syariah Nasional (DSN) dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) adalah sebuah usaha saling melindungi dan tolong menolong di antara sejumlah orang melalui investasi dalam bentuk aset dan/atau tabarru’ yang memberikan pola pengembalian untuk menghadapi risiko tertentu melalui Akad yang sesuai dengan syariah Islam.

Jadi Asuransi Syariah adalah sebuah sistem di mana para peserta mendonasikan sebagian atau seluruh kontribusi/premi yang mereka bayar untuk digunakan membayar klaim atas musibah yang dialami oleh sebagian peserta.





Proses hubungan peserta dan perusahaan dalam mekanisme pertanggungan pada asuransi syariah adalah sharing of risk atau “saling menanggung risiko”. Apabila terjadi musibah diantara peserta dan perusahaan, maka semua peserta asuransi syariah saling menanggung. Dengan demikian, tidak terjadi transfer risiko (transfer of risk atau “memindahkan risiko”) dari peserta ke perusahaan seperti pada asuransi konvensional lainnya.

Peranan perusahaan asuransi pada asuransi syariah terbatas hanya sebagai pemegang amanah dalam mengelola dan menginvestasikan dana dari kontribusi peserta, perusahaan hanya bertindak sebagai pengelola operasional saja, bukan sebagai penanggung seperti pada asuransi konvensional.
 

Asuransi Syariah Terbaik Di Indonesia  

Perkembangan industri asuransi syariah di Indonesia ini sudah berkembang pesat, diawali dengan kelahiran asuransi syariah pertama Indonesia pada 1994. Saat itu, PT Syarikat Takaful Indonesia (STI) berdiri pada 24 Februari 1994 yang dimotori oleh Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) melalui Yayasan Abdi Bangsa, Bank Muamalat Indonesia, PT Asuransi Jiwa Tugu Mandiri, Departemen Keuangan RI, serta beberapa pengusaha Muslim Indonesia.

Selanjutnya, STI mendirikan dua anak perusahaan. Mereka adalah perusahaan asuransi jiwa syariah bernama PT Asuransi Takaful Keluarga (ATK) pada 4 Agustus 1994 dan perusahaan asuransi kerugian syariah bernama PT Asuransi Takaful Umum (ATU) pada 2 Juni 1995. Setelah Asuransi Takaful dibuka, berbagai perusahaan asuransi konvensional pun menyadari cukup besarnya potensi bisnis asuransi syariah di Indonesia.

Wow... Besarnya pasar penduduk Indonesia yang Mayoritas beragama Islam tentunya membuat masing-masing perusahaan asuransi berlomba-lomba ingin merebut pasar asuransi syariah yang terjamin kehalalannya.

Berikut ini 5 Asuransi Syariah Terbaik yang layak anda pertimbangkan :
 

1. Asuransi Takaful
Sebagai salah satu asuransi Syar’i pertama di Indonesia pada tahun 1994, Takaful adalah perusahaan asuransi yang murni hanya menyediakan layanan asuransi berbasis syariah. Adanya dewan pengawas syariah yang mengawasi kegiatan investasi perusahaan serta produk-produknya tentu menjadi nilai plus tersendiri.



2. PRUSyariah
Mungkin salah satu yang memiliki turunan produk yang paling banyak diantara asuransi lain di list ini. Memiliki keunggulan Surplus Sharing, yaitu pembagian kelebihan dana dan keuntungan asuransi. Jika peserta masih memiliki polis yang aktif, serta tidak melakukan klaim, maka berhak mendapatkan 56% bagi hasil.
 

3. Allianz Syariah (Allisya)
Memiliki lingkup perlindungan asuransi yang cukup luas. Terdiri dari asuransi kesehatan (allisya care), asuransi jiwa, hingga asuransi rumah dan mobil.

Dengan sistem cashless (kartu) dan reimbursement, serta didukung oleh perusahaan besar yang solid, Allisya adalah pilihan yang masuk akal.


4. Asuransi Syariah Manulife
Walaupun asuransi ini tidak sebagus tiga nama asuransi diatas, Manulife bisa dimasukkan pertimbangan. Semua asuransi kesehatan Manulife memiliki sistem pembayaran cashless menggunakan kartu, atau bisa double claim menggunakan copy kwitansi legalisir apabila kwitansi aslinya dipakai klaim pada asuransi non manulife.


5. Asuransi Syariah AIA 

AIA Syariah memiliki 3 produk unggulannya, yaitu Fortuna X-Tra Plus Syariah, Hassana Berkah, dan Provisa Syariah. Masing-masing merupakan produk yang telah disetujui oleh Dewan Pengawas Syariah (DPS) yang direkomendasikan oleh Dewan Syariah Nasional (DSN) dan Majelis Ulama Indonesia (MUI).
 

 BACA JUGA : Daftar Asuransi Syariah Di Indonesia

Sebenarnya masih banyak Asuransi Syariah terbaik lainnya di Negeri tercinta ini, namun tidak semua bisa saya urai satu persatu disini. Jika anda memiliki pengalaman dengan Asuransi Syariah yang menurut anda bagus dan terpercaya atau jika anda juga seorang Agen Asuransi syariah dan ingin menjelaskan lebih detail, silahkan tambahkan di kolom komentar, semoga bermanfaat.



")[0]); //]]>