Custom Search

ACEH BANJIR , PIDIE TERGENANG AIR LUAPAN SUNGAI



KONDISI SUNGAI / KRUENG TIRO YANG BANJIR

SIGLI - Koordinator Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulanangan Bencana Daerah (BPBD) Pidie, Effendi menyebut masyarakat kini dalam keadaan cukup panik dan ketakutan.

Beberapa kawasan yang mengalami banjir di antaranya Kecamatan Tangse, Kecamatan Keumala, Kecamatan Mutiara Timur, Kecamatan Mila, serta sebagian Kecamatan Pidie.
  



Menurut Informasi sejumlah wilayah di Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh dilanda banjir menyusul meluapkan air sungai akibat hujan lebat yang mengguyur daerah tersebut.

Wilayah banjir tersebut merupakan kawasan daerah aliran sungai Krueng Baro Raya dan Krueng Tiro, Sungai ini meluap dan mengenangi sekitarnya.

Banjir juga terjadi di sekitar Sigli, ibu kota kabupaten. Beberapa gampong yang terjadi banjir di Sigli di antaranya Blang Asan, Blok Sawah, Kramat Luar dan Kramat Dalam.
 


Semua Warga sudah siaga, di beberapa kawasan ketinggian air di beberapa kawasan banjir sudah mencapai dua meter. Kawasan banjir tersebut merupakan wilayah rawan

Tim SAR telah menurunkan tim reaksi cepat siaga bencana dengan melengkapi tiga perahu karet untuk mengevakuasi warga.

"Minggu malam hingga Senin dini hari, BPBD Pidie menurunkan tiga unit perahu karet di wilayah banjir untuk mengevakuasi warga," ungkap Apriadi menerangkan.


Selain itu, BPBD Pidie juga sudah menyiapkan tenda darurat dan dapur lapangan jika sewaktu-waktu ada warga yang rumahnya terendam air mengungsi.

Namun, hingga kini belum ada gelombang pengungsian. Kami sudah menyiapkan titik evakuasi jika sewaktu-waktu ada warga yang mengungsi.
"Masyarakat terus menelpon pihak BPBD. Tapi penanggulangannya tetap secara darurat dan satu persatu."

BANJIR JOJO BEUREUNUEN SIGLI

Abu Sabar (40) seorang warga Beureuenun kepada Serambi, Minggu (29/11/2015) mengatakan, masyarakat cukup panik dan ketakutan, ketinggian air di badan jalan mencapai 30 cm.

Menurut Abu Sabar, sebagian besar warga yang rumahnya berada di pinggir daerah aliran sungai (DAS) Tiro sudah mengungsi ke Kota Mini (Beureuenun).

"Kami sangat ketakutan, ruas jalan tergenang air sungai ke daratan," kata Abu Sabar.

 



 BERBAGAI SUMBER,antara dan serambi
")[0]); //]]>