Custom Search

BEUREUNUEN KEBAKARAN KIOS 41 UNIT

SIGLI - Sebanyak 41 kios berkontruksi kayu terletak di pinggir jalan nasional, tepatnya di Simpang Keumangan Beureunuen, Kecamatan Mutiara, Minggu (16/3) sekitar pukul 13.20 WIB terbakar. Musibah itu terjadi diduga akibat arus pendek dari kios parfum milik Husaini. Saat itu, pemilik parfum tidak berada di kios. Sehingga api dengan mudah membesar dan merambah ke kios lain yang satu atap.

Amatan Serambi kemarin, proses pemadaman api yang membakar kios tersebut sempat memacetkan arus lalulintas di jalan Banda Aceh-Medan itu. Kemacetan tersebut terjadi selama dua jam lebih, mulai pukul 13.30 hingga pukul 15.45 WIB. Polisi dari Polsek Mutiara yang turun ke lokasi mengatur kemacetan lalulintas tersebut. Sehingga arus transportasi dari dua arah tersebut berhasil dikendalikan.

Petugas berjibaku berusaha mematikan api yang telah membesar itu. Pemilik yang kiosnya tidak terbakar berusaha memindahkan isi di dalam kios. Seperti kios pakaian, pemilik melempar pakaian ke luar kios untuk menghindari amukan api.

Ketua Pasar Beureunuen, H Jamal, kepada Serambi Minggu (16/3) mengatakan, kios yang terbakar tersebut jumlahnya 41 unit dari total 72 kios yang ada di lokasi tersebut. Sisanya 31 kios kayu tersebut tidak terbakar.

Kios yang terbakar, kata H Jamal, diantaranya milik M Yunus, Meunasah Piyoh, M Diah Ibrahim, Abdurrahman, Keuchik Balu, Cut Ben, Amri, Efendi, Bang Wan, Edi Muhklis, Jamaluddin, Meunasah Barat, Marzuki, Irwan, Darmiah, Nazarullah, Nurbaiti, Mulyadi, Fandi, Syamsuddin, dan milik Halimah.

Saat kebakaran terjadi, warga merobohkan kios untuk mematikan titik api. Sehingga 31 kios berhasil diselamatkan dari amukan sijago merah. “Sumber api diduga dari kios milik Husaini yang menjual parfum. Saat kebakaran pemilik tidak berada di kios,” kata H Jamal.


Ditambahkannya, Pemkab Pidie harus menempatkan 1 unit armada pemadam kebakaran di Beureunuen,untuk memudahkan penanganan jika sewaktu-waktu terjadi kebakaran
 “Kalau dari Sigli, rutenya sangat jauh sehingg mobil pemadam terlambat tiba di lokasi. Jadi kami minta kepada Pemkab menempatkan satu mobil pemadam di Beureunuen,” kata H Jamal.


      Salah satu pemilik kios yang selamat dalam 
      Musibah itu adalah kios AXI PONSEL.*(PP)

Kabid Pencegahan Kesiapsiagaan dan Pemadam Kebakaran BPBD Pidie, Efendi kepada Serambi mengatakan, menyangkut permintaan warga agar armada pemadam ditempatkan di Beureunuen, saat ini kondisi mobil itu tak memungkinkan, karena semua mobil itu telah uzur peninggalan tsunami.

Bahkan satu unit armada merah itu, kata Efendi dalam kondisi rusak dan sedang diperbaiki di salah satu bengkel di Simpang Tiga. “Kalau ada mobil pemadam yang baru bisa ditempatkan di Beureunuen, untuk memudahkan petugas pemadam jika terjadi kebakaran di wilayah tersebut,” katanya.(naz)

Photo    : Pelanginet Ponsel Beureunuen.











0 Response to "BEUREUNUEN KEBAKARAN KIOS 41 UNIT"

")[0]); //]]>