Custom Search

Hukum Akad Nikah dengan Terjamahan



(وصح) النكاح (بترجمة) اى ترجمة احد اللفظين بأى لغة ولو ممن يحسن العربية لكن يشترط ان يأتى بما يعده أهل تلك اللغة صريحا فى لغتهم هذا ان فهم كل كلام نفسه وكلام الآخر وشهدان  ولو توطأ اهل قطر على لفظ فى ارادة النكاح من غير صريح ترجمته لم بنعقد النكاح به اهـ والمراد بالترجمة ترجمة معناه اللغوى كالضم فلا ينعقد بألفاظ اشتهرت فى بعض أقطر للإنكاح كنا افتى به شيخنا محقق زمزمى (اعانة الطالبين, 3. 276)

Hukum aqad nikah dengan terjemahan adalah sah, maksud dari terjemahan adalah mengucapkan lafadh nikah dengan bahasa apa saja selain bahasa Arab walaupun orang tersebut mampu berbahasa Arab. Syaratnya adalah kalimat tersebut dipahami langsung pada perceraian menurut bahasa mereka. Hal ini jika kalimat tersebut dimengerti oleh pengucap, pendengar dan dua orang saksi. Andaikata terdapat sebuah kalimat di satu daerah yang tidak dapat dipahami langsung terjemahannya untuk nikah, maka nikah dengan menggunakan kalimat tersebut tidak sah.

        Terjemahan yang dimaksudkan disini adalah pengalihan sebuah kalimat dari suatu bahasa ke bahasa yang lain secara etimologi seperti “Dhammi” (campur/menyatukan). Karena ini tidak sah nikah yang diucapkan dengan menggunakan kalimat yang masyhur dalam sebuah daerah untuk nikah, demikianlah yang difatwakan oleh Syaikhuna Muhaqqiq Zamzamy. (I`anah ath-Thalibin, III. 276)


(و)شرط (فى الصيغة ما يدل على فراق صريحا او كناية فيقع بصريحه بلا نية وهو مشتق طلاق وفراق وسراح وترجمته) اى مشتق ماذكر بعجمية او غيرها لشهرة استعمالها فى معناها عند اهلها شهرة استعمال العربية عند اهلها  (فتح الوهاب بشرح منهج الطلاب, 4. 5-6)

Syarat pada lafadh perceraian adalah lafadh, secara langsung atau secara sindiran, dipahami untuk perceraian, jika  dipahami secara langsung maka sebutlah perceraian tanpa perlu kepada niat. Lafadh-lafadh tersebut adalah kata yang diambilkan dari kata Thalaq, firaq, sarah dan terjemahan dari tiap-tiap kata tersebut, karena masyhur pemakaian kalimat tersebut dikalangan masyarakat seperti masyhurnya dikalangan bangsa Arab.


0 Response to "Hukum Akad Nikah dengan Terjamahan"

")[0]); //]]>